Cara Memilih Mesin Cuci Paling Irit

Mesin cuci apa yang paling irit? Eit ngga ngomongin merek sih. Maksudnya, mesin cuci dua tabung, satu tabung bukaan atas (top loading), atau satu tabung bukaan depan front loading)?

Irit dalam hal apa dulu nih? Irit harganya, irit air, irit listrik, atau irit tenaga saat mengoprasikannya. Pengennya sih irit semua ya hihihi *dikeplak pencipta mesin cuci.

Yang namanya barang pasti ada kelebihan maupun kekukarangan, begitupun mesin cuci. Ada yang irit listrik, tapi boros air dan sebaliknya.

Nah berikut Mak Irits berikan perbandingan, mana yang lebih irit mesin cuci dua tabung, satu tabung top loading, atau satu tabung front loading. Lihat urutannya ya...


Paling irit harga (murah): 1. Mesin cuci dua tabung, 2. Satu tabung top loading, 3. Satu tabung front loading

Paling irit air: 1. Mesin cuci satu tabung front loading, 2. Satu tabung top loading, 3. Dua tabung

Paling irit listrik:  1. Mesin cuci dua tabung, 2. Satu tabung top loading, 3. Satu tabung front loading

Paling irit tenaga: 1. Mesin cuci top loading = front loading, 2. Mesin cuci dua tabung

Saya sendiri sudah terlanjur punya mesin cuci dua tabung, tapi saya punya cara untuk lebih menghemat air. Biasanya air yang saya buat untuk mencuci pertama, masih saya gunakan untuk mencuci kain lap, keset, atau gorden, jadi tidak langsung dibuang. Dan sekarang karena menggunakan jasa ART. Saya minta ART saya mencuci pakaian di mesin cuci untuk penggilasan awal, selanjutnya dibilas manual biar lebih bersih dan lebih irit air. Nanti airnya masih bisa digunakan lagi, entah itu untuk nyuci sepatu, nyuci tempat sampah, atau menyiram jalanan yang berdebu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please do not Spam, We will report your account to Google and add it as Spammer. Thanks

Kuta Dana Mitra feeds