5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Mengajukan Kredit Pinjaman

http://kuta-finance.blogspot.co.id/2014/03/pendanaan-kredit-pasti-cair.html


Layaknya mengajukan pinjaman ke bank, permohonan kredit pinjaman baik itu berupa Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan KTA, KPR atau kredit lainnya juga membutuhkan persiapan, terutama jika catatan kredit Anda tidak terlalu bagus. Salah satu cara terbaik agar permohonan kredit pinjaman Anda diterima adalah memperbaiki catatan kredit Anda dan melunasi seluruh utang yang ada. Namun, jika melakukan tindakan yang salah, alih-alih permohonan kredit pinjaman Anda diterima, permohonan kredit pinjaman Anda malah ditolak. Karena itu, berikut ini adalah lima hal yang tidak boleh Anda lakukan agar permohonan kredit pinjaman Anda diterima.

1. Mengajukan Banyak Kredit Pinjaman Bersamaan

Mungkin Anda ingin mencoba peruntungan dengan mengajukan beberapa kredit pinjaman ke berbagai bank yang berbeda-beda secara bersamaan, dan Anda ingin melihat bank mana yang akan menyetujui permohonan kredit pinjaman Anda. Namun, pikir dua kali sebelum mengajukan kredit pinjaman secara massal. Pihak bank bisa saja menganggap bahwa Anda selalu ditolak permohonan kredit pinjamannya, karena itu Anda mengajukan di mana-mana.

Namun, itu adalah hal yang wajar dilakukan. Hanya saja, batasi jumlah pengajuan kredit pinjaman hingga dua atau tiga jika mengajukan secara bersamaan agar pihak bank tidak mencurigai Anda dan menolak seluruh pengajuan aplikasi Anda. Atau, alternatif lainnya adalah memberi jeda dari pengajuan kredit pinjaman yang pertama ke pengajuan kredit pinjaman yang berikutnya, misalnya setelah satu bulan.

2. Menggunakan Kredit Berlebihan

Jika Anda memiliki kredit pinjaman dan ingin mengajukan kredit pinjaman lagi, pihak bank akan memeriksa catatan transaksi kredit pinjaman yang Anda miliki sebelumnya itu. Agar pengajuan kredit pinjaman baru Anda diterima, Anda tidak boleh menggunakan lebih dari 35% dari limit kredit pinjaman yang dimiliki sebelumnya.

Jika Anda selalu menggunakan lebih dari 35% limit kredit pinjaman, bank akan menganggap Anda penuh dengan risiko. Karena itu, besar kemungkinannya permohonan kredit pinjaman Anda akan ditolak. Semakin sedikit Anda gunakan, semakin baik catatan kredit Anda di mata bank.

3. Telat Membayar Tagihan

Telat membayar tagihan kredit pinjaman juga sangat memengaruhi diterima atau tidaknya permohonan kredit pinjaman Anda yang baru. Membayar tagihan kredit pinjaman tepat waktu merupakan salah satu cara yang efektif untuk membangun catatan kredit yang bagus.

4. Menutup Kredit Pinjaman Lain

Orang-orang terkadang menutup kredit pinjaman lain yang jarang digunakan untuk membuat hidupnya jadi lebih simpel. Namun, hal itu ternyata berpengaruh terhadap catatan kredit Anda. Akan lebih baik apabila Anda tetap menggunakan kredit pinjaman tersebut untuk hal-hal kecil saja, dan segera lunasi tagihan yang ada agar tidak terlupa. kredit pinjaman dengan catatan yang baik dapat berguna bagi Anda ketika akan mengajukan pinjaman uang ke bank atau hal lainnya.

5. Terlalu Sering Berganti Pekerjaan

Tergantung dari perusahaan tempat Anda bekerja, bank penerbit kredit pinjaman mungkin akan mempertanyakan kestabilan pendapatan Anda jika Anda terlalu sering berganti pekerjaan.

Riwayat pekerjaan Anda mungkin tidak akan berpengaruh terhadap permohonan kredit pinjaman Anda di tahap pertama, sebab mayoritas bank penerbit kredit pinjaman hanya melihat pada catatan kredit Anda di Bank Indonesia. Namun, di tahap selanjutnya, yakni ketika verifikasi oleh petugas bank, mereka mungkin akan melihat sejarah pekerjaan Anda dan meragukan mengenai kestabilan pendapatan Anda. Walaupun Anda berpindah-pindah pekerjaan atas kemauan sendiri, pihak bank bisa saja menganggap bahwa Anda dipecat dari satu perusahaan dan perusahaan lain karena kinerja yang tidak bagus. Karena itu, jika ingin mendapatkan kredit pinjaman, sebaiknya Anda tidak berpindah pekerjaan lebih dari tiga kali dalam satu tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please do not Spam, We will report your account to Google and add it as Spammer. Thanks

Kuta Dana Mitra feeds