Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Motor


Memiliki kendaraan sudah menjadi kebutuhan, terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar. Meski kualitas kendaraan umum semakin baik, aman, dan teratur, tetapi masih banyak orang yang ingin memiliki kendaraan pribadi, terutama motor. Selain karena kemudahan dalam transportasi, memiliki motor juga dapat memberikan kebanggan tersendiri dan juga untuk menyalurkan hobi. Harga motor yang semakin tinggi tidak membuat peminatnya menurun, malah semakin meningkat. Berdasarkan data dari Direktorat lalu Lintas Polda Metro Jaya, setiap harinya ada penambahan 4.000 hingga 4.500 motor baru di Jakarta dan sekitarnya.
Hal ini terjadi karena sekarang, Anda dapat memiliki motor dengan cara yang sangat mudah dan terasa tidak memberatkan. Jika Anda belum memiliki uang sebesar harga motor yang Anda inginkan, Anda bisa melakukan kredit motor sehingga proses pembayaran menjadi lebih ringan. Namun, banyak resiko yang bisa saja terjadi jika Anda melakukan kredit motor. Oleh karena itu, Anda harus perhatikan hal ini sebelum mengajukan kredit motor.

1. Cari Perusahaan Leasing Dengan Reputasi Baik

Reputasi perusahaan leasing sangat penting untuk diperhatikan sebelum kita melakukan kredit motor. Karena hal ini berguna untuk memastikan bahwa perusahaan ini akan terus eksis sampai kita selesai membayar kredit dan ketika akan mengambil BPKB. Kadang, ada juga perusahaan leasing yang mempersulit proses pengambilan BPKB. Maka dari itu, memilih perusahaan dengan reputasi baik menjadi sangat penting. Setidaknya jika perusahaan itu memiliki reputasi yang baik, kemungkinan mereka akan mempersulit Anda akan lebih kecil. Carilah perusahaan leasing yang sudah ternama dan tersebar luas di banyak cabang.

2. Pilih Cara Pembayaran yang Sesuai Dengan Kemampuan Anda

Dalam kredit, ada beberapa cara pembayaran yang ditawarkan, misal bayar DP (Down Payment) besar dan angsuran lebih kecil atau bayar DP kecil dan angsuran lebih besar. Kedua cara itu memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Oleh karena itu, kenali kondisi keuangan Anda terlebih dahulu sebelum menentukan cara pembayaran.
Akan lebih baik lagi jika Anda membandingkan jenis motor, biaya kredit, bunga, dan jangka waktu pelunasan yang ditentukan dealer sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya. Carilah dealer yang memberikan kemudahan dan fleksibel dalam cara pembayaran, yang bisa dilakukan melalui banyak cara seperti ATM, jasa pos, atau bank lain sehingga Anda pun akan lebih fleksibel dan mudah dalam membayar. Ingat juga untuk menentukan tanggal pembayaran yang memudahkan Anda agar pengaturan keuangan Anda tetap terjaga.

3. Perhatikan Biaya Denda

Tentu saja, hal ini tidak Anda lakukan karena Anda akan menunggak pembayaran. Tetapi untuk mengantisipasi jika suatu saat benar-benar terpaksa harus menunggak. Setiap perusahaan leasing memiliki biaya denda yang berbeda. Oleh karena itu, perhatikan biaya denda yang diterapkan pada perusahaan leasing yang Anda minati. lalu sesuaikan dengan kemampuan Anda membayar. Jika dirasa terlalu besar, maka akan sangat riskan ketika suatu saat terpaksa menunggak.

4. Jangan Terlalu Cepat Memutuskan


Berpikir panjanglah terlebih dahulu sebelum Anda menjatuhkan pilihan. Jangan sampai Anda terpengaruh oleh marketing, karena belum tentu yang Anda inginkan adalah yang mereka tawarkan. Cari tahu lebih dalam tentang spesifikasi, model, dan hal-hal yang menjadi kebutuhan Anda. Dengan berpikir panjang, Anda akan menghindari perasaan menyesal nantinya.

5. Tanyakan Asuransi yang Anda Didapatkan Selama Kredit

Ini adalah hal yang juga penting untuk Anda ketahui, karena kemungkinan terjadinya musibah itu selalu ada. Karena itu, asuransi sangat diperlukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecurian atau perampokan. Tanyakan cara klaim dan tempat pengajuan klaim sehingga jika suatu saat hal itu terjadi, Anda dapat memiliki kepastian.

Perhatikan Leasing-nya Sebelum Mengajukan Kredit!

Sebelum Anda kredit motor, ingat ke-5 hal ini agar semua yang Anda pilih adalah yang terbaik. Kredit motor memang akan bermanfaat dan sangat membantu Anda, namun hal itu juga bergantung pada perusahaan leasingnya. Jangan sampai salah pilih perusahaan leasing yang akan Anda percaya karena selama Anda kredit, Anda akan selalu berhubungan dengan mereka. Setelah mengetahui ke-5 hal yang perlu diperhatikan sebelum kredit ini, semoga Anda akan lebih seksama dan hati-hati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please do not Spam, We will report your account to Google and add it as Spammer. Thanks

Kuta Dana Mitra feeds