Tips Menhindari Mengalami Tanggal Tua Males Buka Dompet



Aryo manyun karena gak bisa ngajak pacarnya malem mingguan. Gimana mau malem mingguan kalau pas Aryo buka dompet, wakwaw, cuma tersisa Rp 50 ribu. Sementara gajian masih 2 hari lagi.
Eits, jangan cepat-cepat ngeledekin Aryo dulu deh. Pasti kamu juga pernah ngalamin kan yang namanya bokek di tanggal tua. Klise banget sih, pegawai kantoran emang rata-rata gajian di akhir bulan.
Tapi kenyataannya banyak yang gak bisa mengelola penghasilan dengan baik untuk sebulan. Akhirnya nafas kembang kempis deh tuh setiap mendekati tanggal gajian.

Saat terima gaji biasanya yang dilakukan adalah membayar semua tagihan ya. Mulai dari tagihan listrik, kartu kredit, kredit kendaraan sampai cicilan KPR misalnya. Nah, biasanya setelah memenuhi kewajiban, sisa uang penghasilan akan menipis.
Bayangin aja deh kalau punya gaya hidup yang konsumtif, pasti penghasilan yang sudah berkurang setengah di awal bulan itu bakalan habis dalam hitungan hari. Sebaliknya, kalau dikelola seperti diinvestasikan atau ditabung bakal bisa beranak-pinak.
Gak bisa dimungkiri gaya hidup di kota besar macam Jakarta bikin kocek kita juga ikut tersiksa. Tapi sebenarnya gak gitu-gitu amat sih kalau kita punya prinsip. Prinsip hidup hemat, daripada mengais-ais di tanggal tua.

Biar gak ngalamin yang namanya tanggal tua males buka dompet, simak ini dulu deh;

1. Buat Catatan Alokasi Pengeluaran Rutin

Selalu biasakan membuat alokasi dana setiap bulan menjadi beberapa pos:

    Tagihan-tagihan rutin seperti listrik, pulsa, tv kabel, kartu kredit, dsb
    Budget belanja kebutuhan sehari-hari
    Tabungan
    Investasi
    Dana darurat
    Me time

Sebisa mungkin patuhi alokasi dana di atas. Dimulai dari yang paling prioritas supaya gak kebingungan pas dana sudah tiris. Kalau lalai bayar tagihan ya jangan ngomel kalau numpuk utang tagihan di bulan berikutnya.

2. Manfaatin Fasilitas Gratis

Nyari gratisan kadang-kadang gak dilarang kok, asal bukan maksa atau nyolong ya. Manfaatin gratisan di sini maksudnya fasilitas umum yang emang disediakan tanpa dipungut bayaran. Semisal wifi, kan lumayan bisa hemat kuota internet kamu.


3. Bawa Bekal dari Rumah

Jangan malu untuk bawa bekal makanan secukupnya dari rumah untuk makan siang atau ngemil di kantor. Selain lebih hemat, makanan juga lebih sehat karena kamu sendiri yang bikin.
Tapi ini bukan berarti kamu gak boleh jajan. Sesekali boleh aja makan siang bareng teman di luar, tapi tetap bikin budgetnya ya.

4. Manfaatin Promo Kartu Kredit

Punya kartu kredit jangan kudet dong. Optimalin benefit dari kartu kredit kayak point rewards atau diskonnya.
Contohnya, belanja di supermarket atau merchant yang nyediain diskon gede dengan menggunakan kartu kredit kamu. Makanya, rajin-rajin browsing buat cari info diskon dari penerbit kartu kredit kamu ya.

5. Bikin Daftar Belanja

Bikin daftar belanja, terutama pas mau beli barang-barang kebutuhan sehari-hari. Hal ini bukan mutlak punya kaum hawa aja lho.
Gunanya daftar belanjaan biar kamu gak lepas kendali membeli barang-barang lain yang sebenarnya gak kamu butuhin. Kalau gak mau struk belanjaan jadi kayak ular naga panjangnya, daftar belanja ini harus diikutin, jangan cuma jadi catetan di atas kertas aja.

6. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Harus sudah bisa membedakan dong mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Utamakan dulu kebutuhan, setelah itu seleksi lagi keinginan.
Kebutuhan atau keinginan itu kuncinya ada pada kontrol diri
Jangan memaksakan untuk membeli semua keinginan lalu jadi numpuk utang. Sadar diri sama kondisi finansial sendiri. Kalau memang harganya terlalu lebay buat keuangan kamu, ya jangan tergoda.

7. Cari Tambahan

Walau sudah punya pekerjaan tetap, cari side job atau sampingan selama gak mengganggu kerjaan sah-sah saja. Ingat, jangan gunakan jam kerja untuk side job ya.
Semisal, kalau punya skill bikin kue, coba terima pesanan khusus pas weekend deh. Ikutan garage sale dengan menjual barang-barang bekas namun layak pakai kamu pas weekend juga bisa.

Masih banyak cara untuk mengelola penghasilan kamu supaya gak ada lagi tuh manyun menjelang tanggal tua. Semakin dewasa harusnya kita sudah bisa semakin menyusun prioritas yang menyangkut keuangan.

Gak mau masa depan jadi suram atau hidup gak tenang karena banyak utang kan. Trus gak pengin juga harus mengalami tanggal tua males buka dompet karena bakalan nangis lihat isinya dong. Mulai pinter-pinter deh ngatur keuangan, bukan hidup pelit ya, tapi hemat!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please do not Spam, We will report your account to Google and add it as Spammer. Thanks

Kuta Dana Mitra feeds